Sejarah

Sejarah Singkat

Sejarah UPT Perpustakaan adalah bersamaan dengan beridirnya Universitas  Mataram  (Unram)  merupakan  perguruan  tinggi  yang  diselenggarakan  di bawah  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan,  berkedudukan  di  Kota  Mataram,Provinsi Nusa Tenggara Barat. Proses berdirinya Unram diawali dengan pembentukan Panitia Persiapan Pendirian Universitas Negeri di Mataram berdasarkan Surat Keputusan Menteri  PTIP nomor 89/62 tanggal 26 Juni 1962. Panitia ini diketuai oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I NTB, yaitu R. Ar. Moh. Ruslan Tjakraningrat. Panitia  persiapan  ini  kemudian  membentuk  Badan  Persiapan,  yang  terdiri  atas  dua bagian, yaitu Bagian Inti (Gubernur, Danrem, Kepala Polisi, dan Kepala Cabang Kejati) dan Bagian Penyelenggara (Seksi Pelajaran diketuai oleh Drs. Soeroso, MA dan Seksi Material diketuai oleh Sadili Sastrawidjaja, SH). Sejalan dengan berdirinya Universitas Mataram maka untuk menyelenggrakan roda perpustakaan, UPT perpustakaan di pimpin oleh kepala, mulai dari awal pendirian sampai sekarang ini yang terdiri dari :

  1. David Nakan
  2. Badimah, BSc
  3. I Gusti Bagus Ngurah Hari sampai dengan tahun 2000
  4. Lalu Budiman, SIP tahun 2001 sampai dengan 2014
  5. Muslimin, S.Sos., MM. tahun 2014- sekarang

Sejak berdirinya perpustakaan Univeritas Mataram pergantian pimpian sebanyak 5 (lima ) kali

 

Perkembangan UPT Perpustakaan

Dari 5 (lima) kali pergantian pimpinan kepala perpustakaan, perubahan yang menonjol adalah dengan dibangun gedung perpustakaan yang berlantai 3, pada tahun 2004-2006 perpustakaan memperoleh hibah TPSDP sehingg sampai dengan tahun sedikit ada perubahan pada sistem pelayanan dari manual ke elektronik yang dilengkapi dengan seperangkat sarana dan prasarana. Oleh karena tidak adanya pemeliharaan yang rutin, sarana dan prasarana tersebut sampai saat ini semakin menyusut dan banyak yang tidak berfungsi lagi.

Selanjutnya pada tahun 2013, seiring dengan peruabahan paradigma dan kebutuhan informasi di perpustakaan mulai adanya sistem jaringan internet dengan ketersediaan perangkat yang menunjang untuk mengakses informasi yang mengakibatkan perubahan penataan ruangan perpustakaan menjadi bertambah yaitu ada ruangan internet dan ruangan multimedia.

Progres pengembangan UPT. Perpustakaan Universitas Mataram terus di pacu agar layanan Kepada civitas akademika menjadi lebih maksimal, tentu  disadari sepenuhnya bahwa eksistensi perpustakaan universitas Mataram semata mata untuk member layanan informasi ilmiah kpada segenap civitas akademika , serta sebagai salah satu tiang penyanggah kokohnya system  pendidikan dan akademik tingkat Universitas Mataram.

Sehingga pada tahun 2014 dimulai sebuah babak baru penataan dan pengembangan perpustakaan hampir disemua lini mendapatkan perhatian yang proporsional, dimulai dari :

  • desain interior lobby
  • ruang layanan sirkulasi
  • penataan ruang multimedia,
  • peluncuran Café Internet bagi mahasiswa
  • pembuatan study corner
  • penataan taman depan perpustakaan dengan  menempatkan 2 unit berugak sebagai  salah satu kiat untuk mewujudkan kenyamanan bagi pemustaka agar lebih betah berada di perpustakaan.

Hal yang tidak kalah kalah penting adalah melakukan penataan system, kebetulan saat ini masih menggunakan SIPISIS versi windows, pelan namun pasti kita mulai beralih ke INLIS LITE, sebagai buah dari kerjasama dengan perpustakan nasional. Sampai disitu kami belum berhenti berinovasi, masih banyak agenda kedepan yang akan kami lakukan dengan melakukan berbagai terobosan dan inovasi seperti :

  • Desain Aplikasi Sistem repository UNRAm sebagai Local Branding
  • Workshop , pelatihan dan seminar berbasis IT sebagai antisipasi digital Library
  • Membangun jejaring kerjasama pada skop local dan nasional

Users, seducation, promosi dan sosialisasi secara kontinyu dengan menyasar semua komponen cvitas akademika  Universitas Mataram

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 Universitas Mataram