Scroll to Top
Fasilitas

Dalam hal penyelenggaraan organisasional UPT. Perpustakaan bertumpu pada beberapa komponen yang menjadi asset sekaligus  kekuatan dalam  mendukung  program kerja perpustakaan dalam  hal pemberian layanan informasi ilmiah kerpada seluruh civitas akademika. Dan hal ini kami sadari sepenuhnya untuk selanjutnya dilakukan upaya meningkatan kualitas dan kuantitas serta maintenance atas beberapa sarana dan prasarana  untuk menjaga sustainability dari organisasi.

  1. Unit Layanan R. Multimedia

Layanan multimedia saat ini menjadi primadona bagi pemustaka yang datang berkun jung ke perpustakaan , terlebih lagi perpustakaan membuka jadwal pelayanan sampai jam 10.00 Malam hari . pada bagian multimedia ini mahasiswa dapat mengakses informasi  berbasis Jaringan Internet  untuk menunjang kelancaran study mereka. Pada bagian ini tersedia  jenis layanan antara lain  I-mac, E –Kiosk,  dengan media telusur yang memadai.

  1. Unit Layanan R. Internet

Dinamika informasi yang begitu deras disadari sepenuhnya oleh perpustakaan, sehingga UPT. Perpustakaan harus berbenah agar tetap dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka, baik informasi tercetak maupun informasi elektronik. Ahir – ahir ini terjadi pergeseran pola kebutuhan informasi pemustaka, dimana sarana temu kembali informasi berbasis elektronik menjadi opsi pertama. Dari hal itu perpustakaan menyiapkan ruang khusus layanan Internet di lantai II untuk  memenuhi kebutuhan pencarian informasi pemustaka tersebut.

  1. Unit Layanan Pojok BNI

Ruang  Pojok  BNI ( BNI Corner ) ini, merupakan buah dari kerjasama antara Universitas Mataram dengan  pihak BNI Cabang Mataram. Dan diwujudkan dengan pembutan pojok BNI di UPT. Perpustakaan. Ini merupakan asset bagi perpustakaan  yang cukup membantu  bagi penyediaan sarana penelusuran informasi berbasis Internet.

  1. Unit Layanan Tax Center

Unit layanan tax center adalah salah satu unit layanan yang sifatnya khas yang berisi tentang informasi-informasi seputar perpajakan. Unit ini berada di lantai dua menyatu dengan bagian layanan sirkulasi pada salah satu sudut ruangan lantai dua. Hingga saat ini keberadaan tax center ini memberikan warna tersendiri bagi keanekaragaman layanan perpustakaan, sehingga tidak terpaku pada layanan yang sudah ada sebelumnya. Dan layanan ini menjadi salah satu inspirasi kami dari perpustakaan untuk menjaring kerjasama dengan pihak luar sehingga mereka bersedia membuat pojok –pojok seperti tax center tersebut. Ini menjadi kekuatan tersendiri bagi perpustakaan untuk terus mempertahankan dominasinya sebagai lembaga informasi di perguruan tinggi.

  1. Unit Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi merupakan pusat proses transaksi peminjaman dan pengembalian bahan pustaka di perpustakaan Unram. Dari segi keberadaan layanan sirkulasi ini merupakan bamper terdepan dari layanan yang tersedia di perpustakaan serta sebagai referesentasi dari kemampuan perpustakaan dalam memberikan layanan informasi sehingga layanan sirkulasi ini perlu mendapat perhatian lebih baik dari sisi desain interior, sarana dan prasarana, teknologi informasi pendukung serta kualitas sumber daya manusia di bagian tersebut. Sehingga baik buruknya citra perpustakaan unram akan ditentukan langsung oleh bagian sirkulasi ini.

  1. Unit Layanan RIO ( Regional Information Outlet ) / World Bank

RIO merupakan buah dari kerjasama yang terjalin antara Unram via UPT Perpustakaan yang sudah terjalin cukup lama dan keberadaannya sangat membantu khususnya penyediaan-penyediaan informasi yang berkaitan dengan ekonomi perbankan, lingkungan hidup, sosial budaya dan lain sebagainya. Dan keberadaan dari unit layanan RIO ini membuat perpustakaan semakin bergairah, ditambah lagi pengunjungnya yang cukup banyak.

  1. Unit Layanan DTS ( Disertasi, Tesis dan Skripsi )

DTS merupakan singkatan dari Disertasi, Tesis dan Skripsi adalah salah satu unit layanan perpustakaan berada dilantai tiga sebelah timur bagian selatan yang khusus melayani penelusuran informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas akhir mahasiswa. Dari data faktual bahwa mahasiswa yang menyelesaikan tugas akhir rata-rata menghabiskan waktunya diruangan ini sehingga UPT Perpustakaan senantiasa berusaha memberikan layanan maksimal dengan cara menata ruangan dengan baik menjaga pencahayaan, mengatur sirkulasi udara menyediakan pendingin ruangan (Kipas Angin), menempatkan pustakawan yang ramah dan supel dalam memberikan pelayanan.

  1. Unit Layanan Referensi

Layanan referensi merupakan layanan khusus koleksi-koleksi referensial (rujukan) ini ditempatkan di lantai tiga perpustakaan bagian selatan sebelah barat. Koleksi referensi ini terus diupayakan pembenahannya antara lain penambahan jumlah koleksi, memasang jaringan yang terkoneksi ke database dan sekaligus berperan sebagai OPAC serta menugaskan pustakawan yang mampu memberikan layanan informasi yang maksimal.

  1. Unit Layanan Laporan Pengabdian Masyarakat

Koleksi LAPEN merupakan koleksi khusus berada di lantai dua sebelah utara bagian timur koleksi ini merupakan buah karya para akademisi / dosen dan peneliti Universitas Mataram yang tersimpan dari tahun-tahun sebelumnya dan ini berguna sebagai rujukan-rujukan bagi calon peneliti pemula baik dari sisi tema, tinjaun pustaka maupun rujukan daftar pustaka. Koleksi ini terus kami kembangkan dengan menyiapkan system computer terpasang online ke pusat database server lantai satu perpustakaan. Dan pustakawan yang kami tempatkan disini adalah pustakwan yang konfeten dan kafabel.

  1. Unit Layanan Majalah / Jurnal Dalam dan luar Negeri

Pada unit ini tersedia berbagai macam informasi ringan dan populer dengan menyediakan berbagai judul-judul majalah, Koran,  tabloid serta yang tidak kalah penting adalah cukup banyak tersedia jurnal-jurnal dalam dan luar negeri antara lain : jurnal Agroteksos, jurnal Teknosains, Oriza, jurnal Pendidikan, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *