Scroll to Top
Menyongsong Akreditasi ” A ” Tahun 2017
Posted by Edi Zulfan on 29th October 2016

1Draft langkah perjalanan  organisasi UPT. Perpustakaan Unram senantiasa  berpijak pada akar dan cita – cita fundamental Universitas Mataram untuk mewujudkan World Class University 2025. Berdiri sejajar secara terhormat bersama Perguruan Tinggi yang sudah maju lebih  dahulu baik di Jawa maupun di Sulawesi serta daerah lain. Nafas itu pulalah yang mendasari UPT. Perpustakaan Unram untuk terus menata diri memaksimalkan potensi dan kekuatan yang ada sebagai sebuah indikator utama untuk menyongsong kemajuan demi terpenuhi “ Excelent Sercive Library “ bagi segenap pemustaka Universitas Mataram. Tentu hal tersebut tidak sebatas hanya slogan dan mimpi belaka, akan tetapi  hal tersebut menjadi sebuah starting point bagi UPT. Perpustakaan untuk terus berinovasi dan menata diri.

Akreditas Universitas Mataram  Pada umumnya tidak terlepas dari akreditasi fakultas dan akreditasi lembaga yang dinaunginya, termasuk UPT. Perpustakaan Unram juga memberi  kontribusi signifikan dalam mewujudkan akreditasi Universitas. Menyadari hal tersebut, maka segenap pustakawan, staf administrasi , dibawah kendali Kepala UPT. Perpustakaan saat ini sedang  disibukkan dengan persiapan penyusunan Borang Akreditasi, termasuk kelengkapan data-data pendukung sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang telah ditetapkan oleh assessor Pusat ( Perpustakaan Nasional ).

2

Saat ini UPT. Perpustakaan unram masih pada level akreditasi “ B “ , dan target pada tahun 2017  diharapkan sudah  berubah menjadi  “ A “  Insha Allah.  Pra kondisi menuju kearah tersebut sudah lebih dulu dilakukan dengan membenahi semua lini organisasi, dengan didahului dengan pembentukan Tim Akreditasi Tingkat. UPT. Perpustakan Unram.

SUSUNAN TM KERJA AKREDITASI PERPUSTAKAAN

UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MATARAM

TAHUN 2016

 

PELINDUNG / PENASEHAT : REKTOR UNIVERSITAS MATARAM
PENGARAH : WAKIL REKTOR I UNIVERSITAS MATARAM
PENANGGUNG JAWAB : KEPALA UPT. PERPUSTAKAAN ( MUSLIMIN S.Sos. MM )
: KASUB TATA USAHA ( Drs. Muhammad Ernadi )
KETUA : IKHWAN S.Sos. MM
SEKRETARIS : MUHAMMAD ARDIAN WAHYUDI. S.Kom.

3

Pembenahan fisik sementara berlangsung saat ini  tergambar seperti di bawah ini yaitu pembuatan café internet bagi pemustaka, hal ini dirasa sangat penting mengingat dinamika ilmu pengetahuan  dan informasi yang begitu dinamis, sehingga perpustakaan senantiasa responsive dan  adaptif terhadap perubahan tersebut, dengan mengambil peran proporsional namun kontribusi yang maksimal untuk bersama mewujudkan atmosfir akademik yang benar benar kondusif.

4

Gambar .2

Penataan lobby ( Bagian informasi pemustaka ) , juga mendapat  bagian proporsional untuk ditata dengan pendekatan konsep desain minimalis.

Untitled-1

Gambar . 3

Bagian lain yang juga disasar untuk di lakukan penataan dan penyempurnaan yaitu pembuatan study Corner bagi pemustaka, dengan suasana belajar santai, dan nyaman disukung dengan fasilitas Wifi, dengan bandwidth yang sudah dinaikkan 3 kali lipat dari sebelumnya.

Udntitled-1

Gambar . 4

Hal lain diluar penyiapan fisik , tentu inti utama adalah membangun koleksi yang berkualitas dan uptodate, baik koleksi tercetak, elektronik  dan digital, didukungan dengan system layanan informasi berbasis komputerize, dan dilaksanakan oleh pustakawan yang kompeten serta memiliki sense of belonging dan sense of responsibility.

Untitled-2

Dan yang tidak kalah penting adalah adanya dukungan yang tidak  henti hentinya dari jajaran pimpinan Universitas terutama Bapak Rektor Beserta Wakil  Rektor, dan teristimewa, adalah antusiasme  pemustaka khususnya mahasiswa yang sampai hari ini tetap intens memanfaatkan Perpustakaan sampai jam. 10.00 malam,  sebagai pusat sumber informasi dan pusat riset, pusat kajian ilmiah dan pusat rekreasi ilmiah bagi pemustaka.

Semoga semuanya berjalan sesuai dengan harapan dan rencana kita bersama Amin…!!!.

UPT. PERPUSTAKAAN MAJU…….!!!

UNRAM JAYA…….!!!

NTB SEMAKIN CERDAS……!!!